Recent Posts

 

"Ayo Belajar Sambil Bermain"

Materi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 5a MIN 1 Kolaka Utara

Diorama adalah cara untuk membuat suatu pemandangan dalam ruangan yang kecil. Diorama biasanya merupakan tampilan dari periode masa lalu, pemandangan alam atau situasi fiksi, dan biasanya merupakan ruangan untuk kreatifitas dan inovasi. Tidak peduli dioramamu itu tugas sekolah, sebagai model atau hanya untuk mengisi waktu luang, membuat satu sangatlah mudah. Cobalah tehnik ini untuk membuat diorama sendiri yang menggagumkan!
Iklan

Metode 1 dari 2: Membuat Dioramamu

  1. Gambar berjudul Make a Diorama Step 1
    1
    Pilihlah temamu. Diorama adalah situasi kecil yang terbuat dari lapisan material, semuanya menggambarkan tema yang sama. Pikirkan topik atau ide yang kamu ingin buat dioramamu -suatu situasi dari buku? periode waktu? contoh ekosistem dari grup hewan/ tanaman? Opsi untuk diorama tidak terbatas.
    • Tema yang kamu pilih bisa bermacam-macam tergantung dengan ukuran yang kamu inginkan dan jumlah peralatan yang kamu punya. Suatu tema yang luas mungkin tidak akan cukup dibuat dalam kotak sepatu yang kecil, sedangkan tema yang spesifik mungkin susah untuk dibuat dalam tempat yang besar.
    • Perhitungkan ketersediaan alat dan bahan. Jika kamu mau membuat diorama dengan tema laut, tapi tidak punya sesuatu yang dapat menggambarkan air atau ikan, maka akan susah untuk dicapai.
    Iklan
  2. Gambar berjudul Make a Diorama Step 2
    spaceplay / pause
     
    escstop
     
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
     
    mmute
    seek
     
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    2
    Buat rancangan dioramamu. Buatlah daftar ide yang akan dimasukkan ke dalam diorama. Bagaimana latar belakangnya? Apakah kamu akan memakai bahan yang ada saja, atau harus mencetak gamabar juga? Apakah kamu butuh membeli barang untuk membuatnya atau bisa dibuat dengan barang yang ada di rumah dan taman?Memikirkan ide sebelum membuatnya akan membantumu untuk menghasilkan diorama yang lebih baik.
    • Cobalah buat rancangan kasar tentang bagaimana kamu ingin diorama terlihat.Pikirkan tentang komposisi bagian dan letak tiap benda di dalamnya.
    • Kumpulkan sebanyak mungkin alat dan bahan untuk poryek ini sebelum kamu memasangnya. Mengorganisisr alat dan bahan sebelumnya akan membuat kamu menemukannya lebih mudah saat bekerja.
  3. Gambar berjudul Make a Diorama Step 3
    spaceplay / pause
     
    escstop
     
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
     
    mmute
    seek
     
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    3
    Pilihlah bingkai. Karena diorama mempunyai lapisan latar belakang, mereka butuh kotak atau bingkai yang beberapa cm tebalnya. Jika kamu membuat diorama dasar, kotak sepatu atau kotak bisa dibalik dan dipakai. Diorama yang lebih besar bisa dibuat dari kotak kayu yang besar atau bingkai yang dipasang ke dalam kotak. Apapun yang memberikan ilusi dari ruangan kecil terbuka dapat dipakai sebagai bingkai dioramamu.[1]
    • Jika kamu sudah mempunyai gambaran tentang dioramamu, kamu bisa membuat kotak dari kayu yang cocok dengan ukuran yang kamu inginkan.
    • Jadilah kreatif dengan bingkai dioramamu. Sebagai contoh, sebuah dioramat tentang adegan keluarga atau orang dapat dibuat dalam rumah boneka yang sudah tidak dipakai.
  4. Gambar berjudul Make a Diorama Step 4
    spaceplay / pause
     
    escstop
     
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
     
    mmute
    seek
     
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    4
    Buatlah latar belakang. Dioramamu harusnya dibuat dari belakang ke depan. Sembari kamu kerja, kamu akan menambahkan lapisan rincian dan gambar yang akan menambah kedalaman adeganmu. Buatlah latar belakang di sisi yang paling jauh dari kotakmu. Cat bagian belakang atau mencetak gambar untuk dilem pada bagian tersebut. Kamu juga bisa membuat rancangan dengan potongan bagian majalah yang bersifat sebagai latar belakan dioramamu.
    • Jangan lupa untuk menambahkan latar belakang pada bagian dalam samping dan belakang.
    • Jika kamu mau, kamu bisa mengecat kotakmu dengan warna yang berbeda untuk menghasilkan penampilan yang jadi. Ini harus dilakukan sebelum kamu menambahkan lapisan atau figurin pada dioramamu.
  5. Gambar berjudul Make a Diorama Step 5
    spaceplay / pause
     
    escstop
     
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
     
    mmute
    seek
     
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    5
    Buatlah dataran. Diorama yang realistis tidak melewati pembuatan dari dataran. Tambahan rincian pada dataran dengan menggunakan cat atau tanah liat. Bubur kertas dapat digunakan untuk menciptakan ilusi dari gunung sungguhan atau bukit untuk menambahkan latar belakang.
  6. Gambar berjudul Make a Diorama Step 6
    6
    Tambahkan hal-hal detail. Pertama tambahkan lapisan pertama detail dan benda di bagian belakang dan samping diorama. Pada saat ini, kamu bisa menambahkan benda besar seperti pohon, batu atau furnitur. Mulailah dari sisi diorama, karena kamu akan bekerja ke dalam dan maju .
  7. Gambar berjudul Make a Diorama Step 7
    spaceplay / pause
     
    escstop
     
    ffullscreen
    shift + slower / faster (latest Chrome and Safari)
    volume
     
    mmute
    seek
     
     . seek to previous
    126 seek to 10%, 20%, …60%
    7
    Selesaikan tampilannya. Selesaikan latar belakang diorama dengan menambahkan benda tambahan yang ingin kamu taruh. Jika kamu membuat adengan alam, tambahkan sesuatu yang menggambarkan pepohonan, rerumputan, bunga, bebatuan, dsb. Hal yang sama juga harus dilakukan untuk tampilan lainnya -tambahkan detail lainnya untuk membuat dioramamu terlihat nyata.
  8. Gambar berjudul Make a Diorama Step 8
    8
    Tambahkan mainan. Meskipun kamu tidak harus, untuk menyelesaikan adeganmu dengan tambahan mainan atau model. Bila memakai tema alam contohnya, kamu dapat menambahkan mainan binatang atau serangga pada bingkaimu. Gantunglah benda seperti burung atau pesawat kecil di atas bingkai dengan menggunakan benang pancing dan sedikit lem atau steples. Foto benda yang sederhana juga dapat dicetak dan digunting lalu ditempel pada pemandangan. Ini adalah langkag terakhir dari dioramamu jadi buatlah sesuka hati![2]
    Iklan

Metode 2 dari 2: Membuat rincian lainnya

  1. Gambar berjudul Make a Diorama Step 9
    1
    Buatlah tanah yang bertekstur. Meskipun kamu menginginkan yang sederhana dan tanah yang mulus dalam dioramamu, kamu bisa membuat tanah yang bertekstur dan realistik dengan mudah. Cobalah menempel pasir atau kerikil pada bagian bawah bingkai untuk memberikan penampilan dataran yang kasar. Daun cemara, dedaunan kecil dan potongan rumput dapat ditempel untuk memberikan hasil rumput yang alami..
    • Buat bebatuan dan detail lainnya dari tanah liat atau bubur kertas dan lem ke dalam kotak dengan menggunakan lem tembak.
    • Kamu bisa gunakan cat atau mencetak foto yang kamu inginkan untuk membuat dataran jika kamu tidak punya banyak waktu.
  2. Gambar berjudul Make a Diorama Step 10
    2
    Buat pohon. Untuk memberikan tampilan pohon dalam dioramamu, kumpulkan ranting atau cabang pohon dari halaman atau sekelilinmu. ranting tanpa daun akan terlihat seperti pohon pada musim dingin, sedangkan cabang dari semak atau pohon dengan jarum akan terlihat seperti pohon. Tempelkan bola kecil tanah liat ke bagian bawah cabang untuk membuatnya berdiri atau lem ke dalam kotakmu..
    • Jika kamu ingin membuatnya lebih seperti mainan, gunakan mainan pohon dari mainan anak-anak. Ini biasanya dijual terpisah di beberapa toko mainan atau dijual dalam bentuk set.
    • Pertimbangkan untuk menggunting gambar pohon dari foto atau majalah. Kamu bisa menggunting sedikit kertas tambahan di bagian bawah pohon dan lipat kebelakang jadi pohonnya akan tetap berdiri tegak ketika tidak ditempel di sisi.
  3. Gambar berjudul Make a Diorama Step 11
    3
    Buat air. Jika kamu ingin menampilkan air dalam dioramamu, cobalah menggunakan gelas, cellophane, cat atau cat kuku. Untuk membuat kolam kecil, gunakan kaca pada bagian bawah dioramamu dengan kerikil atau rumput dilem sekelilingnya. Kamu juga bisa menuang cat kuku biru atau hijau metalik dan biarkan kering dalam genangan pada bagian bawah bingkaimu.
    • Jika kamu ingin menampilkan adegan dalam air, bentangkan cellophane biru di seluruh bagian bingkai. Dengan ini kamu akan melihat semua adegan dengan nuansa biru seperti berada dalam air dan akan menambahkan dimesi tambahan pada dioramamu.
    • Foto air dapat ditambahkan pada latar belakang atau ditempel di bagian bawah diorama untuk area berair.
    • Gunakan cat acrylic atau tempera dasar untuk menambahkan latar belakang air pada adeganmu. gelombang kecil dapat dicat atau digambar juga. Cat kertas dengan gambar air dan bentangkan dalam kotak untuk menambahkan dimensi.
  4. Gambar berjudul Make a Diorama Step 12
    4
    Tambahkan benda di langit. Untuk membuat langit terlihat lebih nyata maka cobalah menambahkan benda pada langit, seperti awan, matahari, bulan atau bintang. Kapas dapat dilem pada latar belakang atau atap untuk menggambarkan awan. Bintang dapat dibuat dengan lem glitter atau cat kuku perak atau cat metalik. Untuk membuat matahari dengan mencat bola stereofoam dan gantung dengan benang pancing atau lem tembak. Langit adalah batas dimana kamu bisa menempelkan benda-benda langit.[3]
  5. Gambar berjudul Make a Diorama Step 13
    5
    Selesai.
  1. http://id.wikihow.com/Membuat-Diorama

Posting Komentar

 
Top